Pendidikan Seni di SD MODUL 4 PEMANFAATAN TEKNOLOGI DALAM BERKARYA SENI


KEGIATAN BELAJAR  1
Pendekatan Teknologi Penciptaan Karya Seni

1.     Istilah Teknologi
Teknologi menyatakan suatu proses yang berkaitan tentang penggunaan peralatan dan mesin untuk mengubah alam atau lingkungan material untuk kemaslahatan manusia. Teknologi berasal dari bahasa Yunani Tekhne yang mengacu pada suatu seni atau keunikandan mempunyai sistematika-logika. Maksudnya teknologi adalah suatu area studi tentang peralatan untuk mengubah harfiah menjadi fungsional melalui studi ilmu pengetahauan yang sistematis.
Suatu karya seni mempunyai struktur berupa wujud atau kontur (contour), isi (content), dan tata laku (context) (Pamadhi, 2000). Wujud atau kontur karya seni merupakan bentuk visual karya,berupa: rupa, gerak, suara yang berfungsi sebagai penampung gagasan dan ide.untuk mewujudkan ide dan gagasan, seorang pencipta karya seni membutuhkan teknik, pendekatan, prinsip serta ketrampilan berkarya. Isi adalah muatan pesan, cerita gagasan, imajinasi dalam karya seni. Isi dikembangkan dalam karya seni untuk memberi tekanan, nuansa, spirit, dan bobot penampilan karya seni. Tata laku (context) penciptaan sangat berkait dengan prinsip latar belakang penciptaan; seperti alas an penciptaan karya, tujuan berkarya, serta pengaruh adat dan pranata sistem pada cara pandang seseorang atau masyarakat tertentu terhadap kehidupan.
Ketiga struktur karya seni  tersebut saling berhubungan satu dengan yang lain ketika proses penciptaan berlangsung, sebagai contoh, ketika seorang akan menciptakan sebuah tari   hendakanya dia memperhatikan sebagai berikut.
1.     Bentuk tarian yang akan diciptakan
2.     Tarian tersebut mempunyai misi tertentu
3.     Kenapa seseorang tersebut tertarik
2.     Cakupan Teknologi
Teknologi hadir karena manusia harus mempertahankan hidup yang dimulai ketika manusia purba dalam kesederhanaan hidupnya  hingga selang hari, tahun ataupun abad cara berpikir manusia akhirnya berkembang. Kemajuan berpikir menjadikan manusia berusaha menciptakan peralatan, sistem, kinerja yang disesuaikan dengan fungsinya, yang disebut orang teknologi. Secara ide teknolgi merupakan hasil budaya manusia untuk mempertahankan hidup dengan menciptakan sarana dan prasarana baik melalui kegiatan penelitian dan percobaan disengaja ataupun tidak.
             Koentjaraningrat (1981:2) meletakkan teknologi kedalam deretan hasil budaya manusia:
1.     Sistem religi dan upacara keagamaan
2.     Sistem dan organisasi kemasyarakatan
3.     Sistem pengetahuan
4.     Bahasa
5.     Kesenian
6.     Sistem pencaharian hidup
7.     Sistem teknologi dan peralatan
Teknologi merupakan salah satu hasil kebudayaan manusia; berupa usaha, budi daya manusia mempertahankan hidup dan mengembangkan menuju cita-cita. Teknologi akan dipandang secara menyeluruh, baik dari segi wujud maupun kinerja dan isi teknologi.

3.     Model Pemanfaatan Teknologi Dalam Karya Seni
              Pendidikan kesenian adalah mendidik anak supaya kreatif. Pembinaannya melalui pelatihan berapresiasi terhadap keindahan objek. Kreatif mengandung unsur keuletan, yaitu kemampuan bertahan, berusaha tanpa henti sampai penemuan pemecahan masalah dengan sempurna. Jalan berlatih ulet adalah keberanian mengutarakan (berekspresi).
Prinsip keteknikan dapat digolomgkan menjadi tiga yaitu:
a.     Pemanfaatan teknologi kerajinan dalam penciptaan karya seni
Merupakan prinsip kerja teknologi produksi dalam bentuk karya terapan
b.     Pemanfaatan teknologi rekayasa dalam penciptaan karya seni
Merupakan prinsip kerja teknologi produksi dengan mengandalkan urai-susun(deconstruction-reconstruktion) yang mengandalkan kesesuaian, ketepatan, maupun kecakapan.
c.     Pemanfaatan teknologi pengolahan dalam penciptaan seni
Merupakan prinsip kerja teknologi produksi yang mengandalkan proses yang cepat, tepat dan ekonomis serta higienis.

KEGIATAN BELAJAR  2
Ruang Lingkup Penggunaan Teknologi

Teknolgi secara ideal mempunyai dampak, peran dan manfaat kepada masyarakat dan akhirnya masyarakat ikut memasuki dunia teknologi.
1.    Teknologi Sederhana Berenergi Manusia
Ada 3 jenis teknologi yang termasuk dalam teknologi sederhana yaitu :
a.       Teknologi Putar
Contoh : jam tangan
b.      Teknologi Tarik
Contoh : sepeda
c.       Teknologi Pukul
Contoh : genderang
2.    Teknologi Sederhana Berenergi Alam
Teknologi ini masih menggunakan prinsip tarik, dorong dan putaran, karya teknologi ini dapat bergerak karena bantuan udara atau angin .
a.       Penggerak Berenergi Angin
Fungsi angin tersebut mengubah benda menjadi dapat bergerak, sehingga menimbulkan gerakan gerakan dalam karya manusia.
   Contoh : kipas angin
b.      Pemggerak Berenergi Air
Kinerja motor di gerakkan oleh air
Contoh : kincir air
3.    Teknologi Tinggi
a.       Teknologi Penggerak Bernergi Listrik
b.      Teknologi Digital
Merupakan teknologi untuk membentu manusia mempercepat kinerja dan memperpendek jarak komunikasi sebagai pengganti kinerja manusia secara otomatis.
Contoh : komputer

Penggunaan teknologi komputer dalam karya seni rupa melalui :
1.      Program Freehand drawing.
Berfungsi untuk menggambar
2.      Program Corell draw.
Berfungsi untuk menggambar tetapi lebih banyak untuk memberi fasilitas
3.      Program Adobe Photoshop.
Untuk mengubah foto dari segi bentuk wajah, warna maupun potongan dari masing – masing elemen, program ini menyediakan fasilitas pemindahan foto kepada gambar baru dengan menambah latar belakang gambar yang berbeda.
4.      Program Makromedia Animasi.
Program ini membeberi fasilitas seorang desainer membuat gambar yang dapat bergerak, membuat game anak sering juga digunakan untuk menyempurnakan tampilan di film dan videoclipping.
5.      Program Power Point.
Menyediakan fasilitas menggerakkan gambar maupun huruf walaupun tidak sebebas program animasi, biasanya untuk presentasi mengajar.
6.      Program Editing.
KEGIATAN BELAJAR  3
Rencana dan Laporan Kerja

Ide dan gagasan dalam menciptakan karya seni dengan memanfaatkan teknologi (sederhana) perlu dituangkan dalam sebuah rancangan kerja yang meliputi:
1.     Karya apa yang dibuat.
2.     Bagaimana latar belakang munculnya ide dan gagasan dan manfaat karya tersebut.
3.     Menjelaskan rancangan yaitu bagaimana teknik dan cara kerja atau langkah yang akan dikerjakan untuk membuat atau mewujudkan ide atau gagasan.
4.     Bahan apa yang digunakan.
5.     Bagaimana karakteristik bahan.
6.     Kesulitan apa yang diperkirakan akan ditemui.

Contoh tabel yang dapat digunakan untuk menyusun rencana dan laporan kerja adalah sebagai berikut:

No
Karya yang dibuat
Ide dan gagasan
Teknik dan Cara Kerja
Bahan
Kesulitan































Dalam penulisan gagasan dapat dimulai dari menentukan masalah yang akan dibuat dan dan langkah awal yang harus dilakukan.
Tujuan dibuat Potofolio atau Lembar kerja adalah:
a)     Untuk mengevaluasi kinerja apakah sudah efektif , cekat, kreatif, maupun trampil.
b)    Mengajarkan kepada siswa tentang permasalahan.
c)     Mencari akar permasalahan yang harus diselesaikan oleh siswa.
d)    Menugaskan kepada siswa sesuai perkembangan kemampuan siswa.

Comments

Popular posts from this blog

Pendidikan Seni di SD MODUL 3 KEMAMPUAN DASAR DAN KARAKTERISTIK SENI ANAK SD

Lembar Kerja Siswa Matematika SD kelas 2 semester 2

Download SOAL SOAL KMNR (Kompetisi Matematika Nalaria & Realistik) Tingkat Sekolah Dasar