Pendidikan Seni di SD MODUL 4 PEMANFAATAN TEKNOLOGI DALAM BERKARYA SENI
KEGIATAN BELAJAR 1
Pendekatan Teknologi Penciptaan Karya Seni
1. Istilah Teknologi
Teknologi menyatakan
suatu proses yang berkaitan tentang penggunaan peralatan dan mesin untuk
mengubah alam atau lingkungan material untuk kemaslahatan manusia. Teknologi
berasal dari bahasa Yunani Tekhne
yang mengacu pada suatu seni atau keunikandan mempunyai sistematika-logika.
Maksudnya teknologi adalah suatu area studi tentang peralatan untuk mengubah
harfiah menjadi fungsional melalui studi ilmu pengetahauan yang sistematis.
Suatu karya seni
mempunyai struktur berupa wujud atau kontur (contour), isi (content), dan tata
laku (context) (Pamadhi, 2000). Wujud atau kontur karya seni merupakan bentuk
visual karya,berupa: rupa, gerak, suara yang berfungsi sebagai penampung
gagasan dan ide.untuk mewujudkan ide dan gagasan, seorang pencipta karya seni
membutuhkan teknik, pendekatan, prinsip serta ketrampilan berkarya. Isi adalah muatan
pesan, cerita gagasan, imajinasi dalam karya seni. Isi dikembangkan dalam karya
seni untuk memberi tekanan, nuansa, spirit, dan bobot penampilan karya seni.
Tata laku (context) penciptaan sangat berkait dengan prinsip latar belakang
penciptaan; seperti alas an penciptaan karya, tujuan berkarya, serta pengaruh
adat dan pranata sistem pada cara pandang seseorang atau masyarakat tertentu
terhadap kehidupan.
Ketiga struktur karya
seni tersebut saling berhubungan satu dengan yang lain ketika proses
penciptaan berlangsung, sebagai contoh, ketika seorang akan menciptakan sebuah
tari hendakanya dia memperhatikan sebagai berikut.
1.
Bentuk tarian yang akan diciptakan
2.
Tarian tersebut mempunyai misi tertentu
3.
Kenapa seseorang tersebut tertarik
2.
Cakupan Teknologi
Teknologi hadir karena
manusia harus mempertahankan hidup yang dimulai ketika manusia purba dalam
kesederhanaan hidupnya hingga selang
hari, tahun ataupun abad cara berpikir manusia akhirnya berkembang. Kemajuan
berpikir menjadikan manusia berusaha menciptakan peralatan, sistem, kinerja
yang disesuaikan dengan fungsinya, yang disebut orang teknologi. Secara ide
teknolgi merupakan hasil budaya manusia untuk mempertahankan hidup dengan
menciptakan sarana dan prasarana baik melalui kegiatan penelitian dan percobaan
disengaja ataupun tidak.
Koentjaraningrat
(1981:2) meletakkan teknologi kedalam deretan hasil budaya manusia:
1.
Sistem religi dan upacara keagamaan
2.
Sistem dan organisasi kemasyarakatan
3.
Sistem pengetahuan
4.
Bahasa
5.
Kesenian
6.
Sistem pencaharian hidup
7.
Sistem teknologi dan peralatan
Teknologi merupakan salah satu hasil
kebudayaan manusia; berupa usaha, budi daya manusia mempertahankan hidup dan
mengembangkan menuju cita-cita. Teknologi akan dipandang secara menyeluruh,
baik dari segi wujud maupun kinerja dan isi teknologi.
3.
Model Pemanfaatan
Teknologi Dalam Karya Seni
Pendidikan
kesenian adalah mendidik anak supaya kreatif. Pembinaannya melalui pelatihan
berapresiasi terhadap keindahan objek. Kreatif mengandung unsur keuletan, yaitu
kemampuan bertahan, berusaha tanpa henti sampai penemuan pemecahan masalah
dengan sempurna. Jalan berlatih ulet adalah keberanian mengutarakan
(berekspresi).
Prinsip keteknikan dapat digolomgkan menjadi
tiga yaitu:
a.
Pemanfaatan teknologi kerajinan dalam
penciptaan karya seni
Merupakan prinsip kerja teknologi produksi
dalam bentuk karya terapan
b.
Pemanfaatan teknologi rekayasa dalam penciptaan
karya seni
Merupakan prinsip kerja teknologi produksi
dengan mengandalkan urai-susun(deconstruction-reconstruktion) yang mengandalkan
kesesuaian, ketepatan, maupun kecakapan.
c.
Pemanfaatan teknologi pengolahan dalam
penciptaan seni
Merupakan prinsip kerja teknologi produksi
yang mengandalkan proses yang cepat, tepat dan ekonomis serta higienis.
KEGIATAN BELAJAR 2
Ruang Lingkup Penggunaan Teknologi
Teknolgi secara ideal mempunyai dampak, peran dan manfaat kepada masyarakat
dan akhirnya masyarakat ikut memasuki dunia teknologi.
1. Teknologi Sederhana Berenergi Manusia
Ada 3 jenis
teknologi yang termasuk dalam teknologi sederhana yaitu :
a. Teknologi Putar
Contoh : jam
tangan
b. Teknologi Tarik
Contoh :
sepeda
c. Teknologi Pukul
Contoh :
genderang
2. Teknologi Sederhana Berenergi Alam
Teknologi ini masih menggunakan prinsip tarik,
dorong dan putaran, karya teknologi ini dapat bergerak karena bantuan udara
atau angin .
a. Penggerak Berenergi Angin
Fungsi angin tersebut mengubah benda menjadi dapat
bergerak, sehingga menimbulkan gerakan gerakan dalam karya manusia.
Contoh : kipas angin
b. Pemggerak Berenergi Air
Kinerja motor di gerakkan oleh air
Contoh : kincir air
3. Teknologi Tinggi
a. Teknologi Penggerak Bernergi Listrik
b. Teknologi Digital
Merupakan teknologi untuk membentu manusia
mempercepat kinerja dan memperpendek jarak komunikasi sebagai pengganti kinerja
manusia secara otomatis.
Contoh : komputer
Penggunaan teknologi komputer dalam karya seni rupa
melalui :
1. Program Freehand drawing.
Berfungsi untuk menggambar
2. Program Corell draw.
Berfungsi untuk menggambar tetapi lebih banyak
untuk memberi fasilitas
3. Program Adobe Photoshop.
Untuk mengubah foto dari segi bentuk wajah, warna maupun
potongan dari masing – masing elemen, program ini menyediakan fasilitas
pemindahan foto kepada gambar baru dengan menambah latar belakang gambar yang
berbeda.
4. Program Makromedia Animasi.
Program ini membeberi fasilitas seorang desainer
membuat gambar yang dapat bergerak, membuat game anak sering juga digunakan
untuk menyempurnakan tampilan di film dan videoclipping.
5. Program Power Point.
Menyediakan fasilitas menggerakkan gambar maupun
huruf walaupun tidak sebebas program animasi, biasanya untuk presentasi
mengajar.
6. Program Editing.
KEGIATAN BELAJAR 3
Rencana
dan Laporan Kerja
Ide
dan gagasan dalam menciptakan karya seni dengan memanfaatkan teknologi
(sederhana) perlu dituangkan dalam sebuah rancangan kerja yang meliputi:
1. Karya
apa yang dibuat.
2. Bagaimana
latar belakang munculnya ide dan gagasan dan manfaat karya tersebut.
3. Menjelaskan
rancangan yaitu bagaimana teknik dan cara kerja atau langkah yang akan
dikerjakan untuk membuat atau mewujudkan ide atau gagasan.
4. Bahan
apa yang digunakan.
5. Bagaimana
karakteristik bahan.
6. Kesulitan
apa yang diperkirakan akan ditemui.
Contoh
tabel yang dapat digunakan untuk menyusun rencana dan laporan kerja adalah
sebagai berikut:
No
|
Karya
yang dibuat
|
Ide
dan gagasan
|
Teknik
dan Cara Kerja
|
Bahan
|
Kesulitan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Dalam
penulisan gagasan dapat dimulai dari menentukan masalah yang akan dibuat dan
dan langkah awal yang harus dilakukan.
Tujuan
dibuat Potofolio atau Lembar kerja adalah:
a) Untuk
mengevaluasi kinerja apakah sudah efektif , cekat, kreatif, maupun trampil.
b) Mengajarkan
kepada siswa tentang permasalahan.
c) Mencari
akar permasalahan yang harus diselesaikan oleh siswa.
d) Menugaskan
kepada siswa sesuai perkembangan kemampuan siswa.
Comments
Post a Comment